Dalam beberapa tahun terakhir, email marketing telah meningkat secara signifikan dikalangan bisnis dan perusahaan dari semua ukuran karena internet digunakan semakin luas hampir disetiap rumah dan setiap perusahaan. Diperkirakan bahwa hampir setengah dari semua pengguna email memeriksa email mereka, setidaknya sekali sehari dan banyaknya pengguna mengcek email mereka bahkan lebih sering. Karena lebih banyak yang berhubungan ke web melalui laptop, ponsel, dan komputer mereka.

Sebagai pemilik bisnis, Anda selalu ingin mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak penjualan dan mengembangkan bisnis anda. Dan anda mungkin pernah mendengar tentang bagaimana email marketing dapat meningkatkan penjualan, tetapi anda tidak tahu cara menjalankan program pemasaran email. Email marketing mudah, cepat, murah dan dalam banyak kasus menghasilkan ROI tertinggi. Email marketing dapat digunakan untuk mengubah pelanggan pertama anda menjadi pelanggan tetap. Ketika digunakan dengan tepat, email marketing dapat menjadi alat pemasaran yang terjangkau untuk bisnis.

Efeketivitas biaya. Dengan email marketing, perusahaan sekarang dapat mendistribusikan berbagai informasi kepada audiensi yang lebih luas, dengan biaya yang relatif lebih rendah. Ini jauh lebih murah dibandingkan cara media dan promosi lainnya, seperti newsletter cetak atau brosur yang langsung dikirim lewat pos.

Waktu singkat. Dibandingkan dengan metode pemasaran lain, pemasaran ini dapat disampaikan hanya dalam hitungan detik ke inbox penerima. Hal ini memungkinkan anda untuk memilih waktu yang tepat untuk menyampaikan pesan anda, yang berarti hasilnya akan kelihatan jelas dengan cepat setelah anda memulai promosi anda.

Kemudahan pengguna. email pemasaran mudah buat pembaca dan juga untuk perusahaan yang mengirimnya. Penerima dapat mengakses email langsung dari inbox tanpa perlu tindalan lebih lanjut. Misalnya  , ia tidak harus mengangkat telpon untuk menghubungi anda atau mengisi kartu pos untuk dikembalikan dalam arti menunjukan minatnya. 

Sasaran audisi yang terfokus.Email marketing mengirimkan pesan anda kepada penerima yang tertarik dan tersegmentasi.

Email cepat dibuat. Anda dapat mengatur dan menjalankan kampanye email ke semua pelanggan anda dalam hitungan beberapa jam saja.

Email membangun hubungan. Kampanye email yang direncanakan dan dibuat dengan baik dapat mebuat dan memperkuat loyalitas pelanggan anda.

Email mengakomodasikan hyperlink. Dengan penggunaan sistem pelacakan canggih, segala sesuatu tentang kampanye pemasaran email anda dapat dilacak termasuk jumlah email yang dibuka, jumlah link yang diklik, sejarah pembelian, jenis kelamin, usia dan lokasi geografis pelanggan.