Pertemuan Ke-1 (3 April 2011)

Dosen : Ardiansyah, ST
Email : ardi.syah@gmail.com

- Satuan Acara Pengajaran (SAP)
- Presentase Perkuliahan
- Materi 1 Introduction

SAP

1. Introduction / Pendahuluan
2. The Human / Manusia (User)
3. The Computer / Komputer
4. The Interaction / Interaksi
5. Interaction With Basic / Dasar Perancangan Interaksi
6. Support Process / Proses Perangkat Lunak
7. Information Support / Dukungan Informasi
8. Universal Design / Perancangan Universal
9. User Support / Dukungan User
10. Design Rule / Aturan Rancangan
11. Cognitif Models / Model Kognitif
12. Sosio Organisational Issue & Stakeholder Requirement
13. Vbiquitas Computing & Augmented Reality
14. Hypertext, Hypermedia & Worl Wide Web (WWW)

- Definisi
Interaksi manusia dan komputer
- Ilmu yang berperan
- Macam-macam interaksi
- Prinsip-prinsip yang digunakan dalam membangun interface

Definisi 1 [ 5W 1H]

1. What : Hubungan timbal balik
2. Who : Manusia dan komputer
3. When : Mempermudah dalam pekerjaan manusia
4. Where : Dimana saja
5. When : Kapan saja
6. How : Interface (Antar Muka)

Definisi 2 => Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesign, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem komputer yang interaktif agar dapat dengan mudah digunakan oleh manusia.

Ilmu-ilmu yang berperan

1. Ilmu elektronika & ilmu komputer
2. Psikologi
3. Design Grafis
4. Linguistik
5. Sosiologi
6. Antropologi
7. Ergonomis NB : Kata ergonomis berasal dari bahasa Yunani, ergon [kerja] dan nomos [aturan]. Jadi, secara umum kita bisa mengartikan ergonomis sebagai aturan kerja. Sebenarnya ada banyak definisi lebih detil tentang ergonomis, tapi kita bisa tarik garis besar dari semua penjelasan itu. Inti dari ergonomis adalah menciptakan kenyamanan, keamanan, dan produktivitas dalam kerja.

Macam-macam interaksi

1. Command Line
2. Standard Command Line
3. Menu
4. Query
5. Natural Language => Basic Pascal
6. Form Fills => Sphread Sheet
7. WIMP => Windows Icon Menu Pointer

Prinsip yang digunakan dalam membangun interface

1. User Compability
2. Product Compability
3. Task Compability
4. Work Flow Compability
5.Consistency
6. Familiarity
7. Direct manipulation
8. Control
9. Protection
10. W Y S I W Y G (What You See Is What You Get)
11. Robustnest
12. Flexibility
13. Simplicity
14. Invisible Technology
15. (Dosennya Lupa)
16. Ease of use ease of learning

* Perancangan Sistem Informasi *
- Komputer : Input Process Output
- Manusia : Output Process Input (Brainware)
- Sistem

** Apa ini apa itu **

> SEO : (Search Engine Optimization) adalah Teknik dan proses yang bertujuan untuk mendatangkan pengunjung ke dalam sebuah halaman web melalui search engine dengan menempatkan halaman web tersebut di urutan teratas pada SERPs (Search Engine Result Pages) yang dalam bahasa Indonesia nya berarti Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari. 

Pengertian SERP adalah halaman yang berisi hasil pencarian dari suatu kata kunci pada mensin pencari [google, yahoo, bing, dll]. SERPs ini bersifat dinamis. Metode yang di pakai Mesin Pencari dalam menampilkan SERPs akan berubah dari waktu ke waktu. Disamping itu, setiap mesin pencari juga mempunyai metode rahasia yang berbeda dari Mesin Pencari lainnya. Namun Mesin pencari tetap akan berusaha menampilkan hasil yang se relevan mungkin walau pada kenyataanya terkadang dengan hasil yang tidak relevan atau bahkan tidak di temukan. Mengapa bisa begitu? Lalu bagaimanakah cara mesin pencari dalam menemukan situs dan menampilkannya dalam SERP? Google yang merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan mengatakan:
Suatu situs tidak dapat ditemukan atau tidak tampil di SERPs dikarenakan beberapa hal seperti desain web yang tidak sesuai standar w3, halaman web yang tidak terhubung baik dari link ke link di web, Situs sedang tidak tersedia untuk sementara waktu atau sedang down saat mesin pencari melakukan penjelajahan serta banyak hal lain yang menyebabkan suatu halaman web tidak dapat ditemukan dan tidak tampil dalam SERPs
Karena sebab itulah banyak orang memakai sebuah teknik yang bernama SEO agar situs mereka dapat ditemukan oleh mesin pencari dan tampil di urutan teratas pada SERP. ( Sumber )


> Sistem Develope A Cycle : SDLC (System development life cycle) atau siklus hidup pengembangan sistem adalah pengembangan sistem informasi yang berbasis komputer. Dalam penyelesaiannya membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Proses pengembangan sistem melewati beberapa tahapan dari mulai sistem itu direncanakan sampai sistem tersebut diterapkan. jika suatu sistem yang sudah dikembangkan menghadapi suatu masalah, maka perlu dikembangkan kembali suatu sistem untuk mengatasinnya. Hal inilah yang dinamakan siklus hidup sistem(System life cycle).
 
> CMMI : Capability Maturity Model Integration atau CMMI (bahasa Indonesia: Integrasi Model Kematangan Kemampuan) adalah suatu pendekatan perbaikan proses yang memberikan unsur-unsur penting proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik terbaik CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen yang disebut model, yang masing-masing ditujukan untuk berbagai bidang yang berbeda.

> Jenis Keyboard Lainnya :

> DBMS : Database Management System (DBMS) yaitu suatu perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai pengelola basis data .