Dosen : Ardiansyah, ST
Email : ardi.syah@gmail.com
- Satuan Acara Pengajaran (SAP)
- Presentase Perkuliahan
- Materi 1 Introduction
SAP
1. Introduction / Pendahuluan
2. The Human / Manusia (User)
3. The Computer / Komputer
4. The Interaction / Interaksi
5. Interaction With Basic / Dasar Perancangan Interaksi
6. Support Process / Proses Perangkat Lunak
7. Information Support / Dukungan Informasi
8. Universal Design / Perancangan Universal
9. User Support / Dukungan User
10. Design Rule / Aturan Rancangan
11. Cognitif Models / Model Kognitif
12. Sosio Organisational Issue & Stakeholder Requirement
13. Vbiquitas Computing & Augmented Reality
14. Hypertext, Hypermedia & Worl Wide Web (WWW)
- Definisi
![]() |
Interaksi manusia dan komputer |
- Macam-macam interaksi
- Prinsip-prinsip yang digunakan dalam membangun interface
Definisi 1 [ 5W 1H]
1. What : Hubungan timbal balik
2. Who : Manusia dan komputer
3. When : Mempermudah dalam pekerjaan manusia
4. Where : Dimana saja
5. When : Kapan saja
6. How : Interface (Antar Muka)
Definisi 2 => Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesign, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem komputer yang interaktif agar dapat dengan mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu-ilmu yang berperan
1. Ilmu elektronika & ilmu komputer
2. Psikologi
3. Design Grafis
4. Linguistik
5. Sosiologi
6. Antropologi
7. Ergonomis NB : Kata ergonomis berasal dari bahasa Yunani, ergon [kerja] dan nomos [aturan]. Jadi, secara umum kita bisa mengartikan ergonomis sebagai aturan kerja. Sebenarnya ada banyak definisi lebih detil tentang ergonomis, tapi kita bisa tarik garis besar dari semua penjelasan itu. Inti dari ergonomis adalah menciptakan kenyamanan, keamanan, dan produktivitas dalam kerja.
Macam-macam interaksi
1. Command Line
2. Standard Command Line
3. Menu
4. Query
5. Natural Language => Basic Pascal
6. Form Fills => Sphread Sheet
7. WIMP => Windows Icon Menu Pointer
Prinsip yang digunakan dalam membangun interface
1. User Compability
2. Product Compability
3. Task Compability
4. Work Flow Compability
5.Consistency
6. Familiarity
7. Direct manipulation
8. Control
9. Protection
10. W Y S I W Y G (What You See Is What You Get)
11. Robustnest
12. Flexibility
13. Simplicity
14. Invisible Technology
15. (Dosennya Lupa)
16. Ease of use ease of learning
* Perancangan Sistem Informasi *
- Komputer : Input Process Output
- Manusia : Output Process Input (Brainware)
- Sistem
** Apa ini apa itu **
> SEO :
> Sistem Develope A Cycle : SDLC (System development life cycle) atau siklus hidup pengembangan sistem adalah pengembangan sistem informasi yang berbasis komputer. Dalam penyelesaiannya membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Proses pengembangan sistem melewati beberapa tahapan dari mulai sistem itu direncanakan sampai sistem tersebut diterapkan. jika suatu sistem yang sudah dikembangkan menghadapi suatu masalah, maka perlu dikembangkan kembali suatu sistem untuk mengatasinnya. Hal inilah yang dinamakan siklus hidup sistem(System life cycle).
> CMMI : Capability Maturity Model Integration atau CMMI (bahasa Indonesia: Integrasi Model Kematangan Kemampuan) adalah suatu pendekatan perbaikan proses yang memberikan unsur-unsur penting proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik terbaik CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen yang disebut model, yang masing-masing ditujukan untuk berbagai bidang yang berbeda.
> Jenis Keyboard Lainnya :
> DBMS : Database Management System (DBMS) yaitu suatu perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai pengelola basis data .