Bisnis UKM yang semula hanya memilih lapak mungkin bakal memiliki gedung, yang semula hanya mempekerjakan dua orang,bukan tak mungkin kedepan bakal menjadi sandaran hidup ribuan orang. Mengubah bisnis dari skala UKM menjadi besar memang tak semudah membalikan telapak tangan.


1. Fokus pada satu produk atau jasa. Memang menggiurkan untuk melayani segala permintaan masyarakat, tapi ketika anda fokus pada hal-hal yang menjadi kelebihan anda,bisa dipastikan kualitas produk dan jasa yang anda tawarkan akan lebih tinggi dari kompetitor.

2. Ekspansi produk. Ketika sudah berhasil memasarkan sebuah produk memberika nilai tambah kepada konsumen. Ciptakan produk baru, sebagai turunan produk atau jasa utama sebagai complementarry bagi konsumen.

3. Tingkatkan penjualan pelanggan lama. Hal ini lebih mudah dan lebih murah ketimbang menarik konsumen baru dan meminta mereka berbelanja lebih banyak. Stategi mudahnya adalah memberikan diskon khusus kepada pelanggan lama, mengadakan program lama, mengdakan program loyalitas pelanggan seperti beli 6 gratis 1 atau memberikan merchandise sederhana, seperti stiker, mug, atau t-shirt.

4. Minta bantuan orang lain. Bila anda tak pandai akuntansi, tak perlu memaksa untuk mengurus pembukuan perusahaan. Pekerjakan orang lain yang memang ahli dibidangnya, anda sebagai pemilik perusahaan lebih baik fokus memikirkan strategi kedepan dan menjalin strategi bisnis.

5. Buat situs perusahaan. Tak ada salahnya mulai melirik ke pemasaran online. Hal ini akan memperluas pasar anda. Bukti tidak mungkin anda bisa mendapatkan konsumen baru dari luar kota atau bahkan luar negeri.

6. Bermitra untuk promosi bersama. Bermitra dengan perusahaan yang bergerak di industri yang sama menghemat biaya. Misalnya, bila anda berbisnis salon dan spa, anda bisa bekerjasama dengan gym atau cafe, member salon anda akan mendapat diskon dari dua tempat itu.

7. Tentukan target baru. Bila anda menjual produk untuk segmen ibu rumah tangga. Tak ada salahnya anda melumcurkan produk untuk ibu rumah tangga tentunya dengan modifikasi tertentu.

8. Temukan cara baru memasarkan produk atau jasa. Gunakan jasa newsletter atau menjadi pembicara di seminar-seminar kewirausahaan, memasarkan produk tak harus mengeluarkan budget besar. Menjadi pembicara akan membuat anda terkenal, begitu juga dengan bisnis anda.

9. Ekspansi gerai baru. Bukan berarti harus memiliki gedung baru, seorang pengusaha distro asal tangerang, ingin memiliki banyak gerai diseluruh indonesia. Sayangnya, uangnya hanya cukup untuk membangun satu toko. Tak patah akal, ia pun menyulap bus kota menjadi distro berjalan, yang memungkinkan dia menjajakan barang kelebih banyak tempat.

10. Memfranchisekan bisnis, jika semua sudah siap termasuk diantara standar operasional, keuangan, legal, konsep franchise untuk melebarkan sayap bisnis.